Saturday, May 3, 2008

Up to Merapi

Ada 3 jalur yang biasanya dilalui untuk menuju puncak Merapi, mencapai puncak Garuda dengan ketinggian 2961 m adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi yang mengalaminya.

Jalur-jalur yang biasanya dilalui adalah jalur Selo, jalur babadan dan jalur Kinahrejo.

  1. Jalur Selo

Jalur ini merupakan lintasan terpendek menuju puncak, hanya membutuhkan waktu rata-rata 4 jam pendakian yang dimulai dari joglo New Selo di atas desa Plalangan Kec Selo Kab Boyolali Jateng. Dsini ada pemandu lokal yang siap mengantar anda dengan tarif sekitar 100-ribu. Ada 3 pos yang mesti dilalaui yaitu pos 1 atau Selokopo Ngisor 2000 mdpl, dimana awal pendakian akan melewati jalan setapak yang kanan kirinya adalah kawasan pertanian. Kemudian 30 menit selanjutnya kita akan memasuki kawasan hutan. Pos 2 Selokopo dhuwur 2400 mdpl, jalan menuju selokopo dhuwur cukup tajam dan melalui lereng yang banyak batuan lepas, vegetasinya sudah mulai berkurang. Pos 3 Pasar Bubar, dari selokopo dhuwur jalannya tidak terjal, mulai naik tajam ketika mendekati punggungan lava gajah mungkur lalu belok ke kiri menuju Pasarbubar, yaitu lapangan luas yang datar dimana banyak angin bertiup kencang sehingga terdengar seperti suasana pasar. Perjalanan selanjutnya mendaki gunung anyar menuju puncak Garuda dengan kelerangan lebih dari 70 derajat, dan bau belerang sudah mulai terasa setelah itu tiba di tebing lereng kawah mati dan belok ke barat menuju puncak sekitar 5 menit disini kita akan jumpai tempat datar yang cukup luas.

  1. Jalur Babadan

Pendakian melalui jalur ini memerlukan waktu sekitar 5 jam. Di jalur Bbadan, kab Magelang Jawa Tengah ini kita akan disuguhi pemdangan yang indah dibandingkan 2 jalur lainnya. Sama seperti pada jakur Selo, disni pun terdapat pemandu lokal yang cukup profesional yang siap mengantar anda. Ada 3 pos yang harus dilwati yaitu, Pos 1 Bukit Pathuk 1600 mdpl, jarak tempuh ke bukit pathuk 1 jam dengan jalan setapak yang terpelihara, bila cuaca cerah bisa dilihat puncak Merapi beserta kubah lavanya disini jarak ke puncak hanya 2,5 km. Pos 2 Bukit Kejen 2100 mdpl, dari bkit pathuk jalan lurus ke bukit Klatakan ambil arah utara menyebrang hulu kali Trising1 menanjak ke bukit Stabelan kemudian ke bukit Krekep dan Bukit Kejen dengan jalan yang berliku. Pos 3 Pasar Bubar.

  1. Jalur Kinahrejo

Jalur ini panajng dan terjal dan memerlukan waktu sekitar 6jam-an untuk mencapai puncak. Jalur ini dimulai dari Pos 1 Labuhan yang terletak di Desa Kinahrejo Kec Cangkringan Kab Sleman Yogyakarta. Pada awalnya melintasi jalan dusun yang cukup lebar dan banyak dijumpai pohon pinus kemudian menuju jalan setapak yang terpelihara ke pos 1 labuhan. Temat ini terkenal karena diangap sakral dan setiap setahun sekali diadakan upacara labuhan yang diselenggarakan oleh Kraton Ngayogyakarto Hadiningrat sebagai perwujudan hubungan Laut Selatan-Kraton Yogya-Gunung Merapi. Pos 2 Kendit 2400 mdpl, Jalur setapaknya cukup terjal untuk sampai ke hulu Kalikuning yang berpasir vegetasi sudah mulai jarang, di tempat tertentu banyak batu dengan permukaan yang berlumut dan licin sehingga perlu hati2. Pos 3 Gendol 2800 mdpl, jalan setapak dari kendit ke gendol tak nampak jelas karena berada di atas lava masif, banyak dijumpai tanda-tanda berupa tumpukan batu sebagai rambu ke puncak. Yang perlu diperhatikan bila akan turun adalah ketika cuaca berkabut perlu berhati-hati dan jangan lupa siapkan bekal makanan dan minuman yang cukup.

No comments: