Sunday, December 2, 2018

Buku baru tentang Ekologi Bedugul

Southest Asia Regional Centre for Tropical Biology SEAMEO – BIOTROP menyelenggarakan International Conference for Tropical Biology ke-3 di Bogor pada tanggal 20 dan 21 September 2018 dengan mengusung tema Conservation, Enhancement and Sustainable Use of Indigenous Tropical Flora and Fauna. Acara yang rutin diselenggrakan setiap dua tahun ini, untuk yang ke-3 ini terasa istimewa karena juga bertepatan dengan anniversary SEAMEO-BIOTROP ke-50. 
Salah satu rangkaian acara utama dalam ICTB-3 dan perayaan 50 tahun Biotrop ini adalah acara peluncuran Buku oleh dua penulis  Affiliate Scientist Biotrop yaitu Dr. Sutomo, M.Sc. dari Kebun Raya “Eka Karya” Bali – LIPI dengan buku berjudul “Ecology of Bedugul Basin Bali” dan Prof Rene Reyes dari Central Luzon State University Philipina dengan buku berjudul “Mushroom pharming”. 
Buku Ekologi Bedugul setebal 94 halaman tersebut adalah kolaborasi Dr. Sutomo dengan penulis lainnya yaitu Ir. I Dewa Putu Darma
, Dr. Wawan Sujarwo, Arief Priyadi, M.P., Rajif Iryadi, S.Si dan Farid K S.Si. Buku ini adalah bunga rampai kegiatan-kegiatan penelitian ekologi dan etnobotani yang dilakukan di kawasan cekungan terkungkung Bedugul dari semenjak tahun 2005 sampai dengan 2017. Diharapkan ke depannya buku ini dapat berkontribusi dalam melengkapi informasi ilmiah mengenai kawasan Bedugul sehingga dapat terwujud sustainable management yang mengintegrasikan berbagai aspek terutama aspek lingkungan.


No comments: