Thursday, September 25, 2008

jurnal artikel ilmiah gratis

Artikel ilmiah memang tidak dapat dipungkiri sangat diperlukan oleh para peneliti, akademisi bahkan praktisi. Namun ironisnya tidaklah hal yang mudah bagi sebagian besar orang untuk dapat memperoleh akses ke dalam beberapa database yang mengelola jurnal-jurnal ilmiah tersebut. Beberapa universitas terkemuka baik negeri maupun private, sekolah dan beberapa organisasi saat ini telah mulai berlangganan beberapa database untuk mengakses jurnal ilmiah, databse seperti Proquest, Jstor, Science direct dan lainnya. Tetapi jangan berkecil hati bagi yang belum bisa mengakses, ada banyak cara untuk bisa mendapatkan artikel ilmiah yang kita inginkan. Some people biasa menitip kepada teman atau kolega yang dapat mengakses jurnal misalnya ke teman yang sedang bersekolah di LN. Selain itu ternyata juga terdapat beberapa free journalarticle yangtersedia di internet seperti berikut ini:
DOAJ atau Directory of Open Access Journal, seluruh isinya dapat didownload secara gratis dan cukup banyak terdapat pilihan bidang ilmu. Link ke websitenya adalah http://www.doaj.org/

Untuk para siswa maupun guru, kini depdiknas menerbitkan buku sekolah online yang dapat diunduh secara gratis salah satunya melalui website dari LIPI dari link logo buku e-lipi di halaman depan blog ini.


Semoga bermanfaat :)

No comments: